Jumat, 11 April 2014

ALANGKAH RUGINYA SEORANG MUSLIM


Seorang pasti akan mendapatkan sesuatu dari apa yang melekat pada dirinya, seorang petani tentunya akan mendapatkan beras dari apa yang diusahakannya, seorang nelayan mendaptkan ikan dari hasil tangkapannya, seorang penjual akan mendapatkan keuntungan dari apa yang diusahakannya. Lantas keuntungan apa yang anda dapatkan sebagai seorang Muslim yang memiliki Allah SWT raja alam semesta ini yang maha kaya lagi maha pemurah?

Saudaraku, tulisan ini berangkat dari kerisauan melihat banyaknya keluhan diantara kita yang di posting di media sosial. Mahasiswa mengeluh banyaknya tugas kuliah, dosen mengeluh banyaknya sulitnya syarat untuk sertifikasi. Pasien mengeluh turunnya kualitas perawatan pasca BPJS, dokter mengeluh turunnya pendapatan pasca BPJS, yang mau kuliah ke luar negeri mengeluh sulitnya mendapatkan izin dari atasan sementara yang sudah diluar negeri mengeluh lambatnya pencairan beasiswa.

Mengeluh adalah sesuatu yang wajar dan sangat manusiawi, namun kalau keluhan itu sudah berimplikasi pada tidak produktifnya kita karena terus terjebak dalam pusaran keluhan. Apalagi keluhan itu sudah mengikis rasa syukur kita atas begitu banyaknya atribut kenikmnatan yang sudah melekeat pada diri kita.

Empat bulan setelah di Jepang beasiswa saya belum cair begitu juga teman2 seangkatan, keluhan terus mengalir dan sudah berubah menjadi cacian. Keluarga risau dengan saya yang sudah tidak punya uang, shensei cemas dan khawatir dengan kelangsungan hidup saya. Tapi apakah harus mengeluh? Mengeluh tidak akan mempercepat pencairan beasiswa.

Lebih daripada itu, saya khawatir mengeluh akan mengurangi makna kesyukuran kita atas apa yang sudah ada pada diri ini. Sandarkan diri pada Allah SWT yang menggenggam kehidupan ini, yakin dan percaya bahwa Allah SWT yang maha kaya tidak akan pernah menyia-nyiakan kita. Allah SWT hanya meminta kita untuk terus beryukur dan berjanji akan mendapatkan tambahan nikmat. Bukankah janji Allah SWT itu sesuatu yang sangat pasti, jauh lebih pasti dari terbitnya matahasi besok pagi.

Saya sangat sepakat dengan himbauan “Kalau tidak bisa membersihkan jangan mengotori” maka izinkan saya untuk menyampaikan “Kalau belum pandai bersyukur jangan mengeluh”

Kanazawa Shi
12 April 2014

Tidak ada komentar: